Search

Sales Kamu Belum Sampai Target?



Dalam dunia usaha, tentu tidak akan terlepas dari target penjualan dimana target tersebut berfungsi sebagai tolok ukur keberhasilan penjualan yang dilakukan oleh User.


1. Menentukan Target Sales dengan Realistis

Dalam dunia bisnis, tentu saja Anda menginginkan target penjualan yang tinggi sehingga usaha Anda dapat meraup hasil yang besar dalam waktu singkat. Tidak salah, namun dalam menjalankan bisnis, Anda perlu menentukan target sales yang realistis sesuai dengan sumber daya dan pasar. Jika pasar sedang menurun jika dipaksakan untuk mencapai target yang tidak realistis malah membuat kerugian pada Anda. Buatlah rencana target sales Anda dan tindakan apa saja yang perlu dilakukan untuk itu.


2. Timeline

Setelah target sales sudah ditentukan makan langkah selanjutnya adalah membuat timeline dimana dalam timeline tersebut berisikan tenggat waktu dan tindakan apa saja yang perlu dilakukan dalam tenggat waktu tersebut sehingga target sales akan tercapai.


3. Riset Konsumen

Kunci dalam kesuksesan sebuah bisnis adalah menciptakan, memberikan dan mengkomunikasikan nilai-nilai yang dipegang konsumen untuk memuaskan konsumen itu sendiri. Hal ini tercipta dikarenakan masyarakat senantiasa berubah, baik dari segi selera, keinginan dan kebutuhan. Mereka juga lebih pintar dalam memilih mana produk yang sesuai dengan mereka dan mana yang tidak. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik Anda harus melakukan riset kepada masyarakat terlebih dahulu. Dengan hal ini Anda jadi tahu keinginan dari mereka, kegiatan, maupun kebiasaan mereka. Dengan melakukan hal tersebut juga target bisnis Anda menjadi lebih jelas pada orang yang tepat tanpa membuang waktu seperti menargetkan bisnis Anda pada orang yang sebenarnya tidak tertarik.


4. Jalin Kerja sama dengan Mitra

Kemitraan pada hakikatnya merupakan kerjasama atau gotong royong, baik secara kelompok maupun individual untuk mencapai suatu tujuan usaha yang dilakukan. Mitra bisa dalam bentuk apa saja, bisa itu investor, kreditur, karyawan yang bekerja untuk Anda, supplier, klien, bahkan konsumen yang membeli.

Untuk membangun kerja sama yang baik, maka diperlukan sikap saling menghormati, saling mempercayai, serta mempunyai kesamaan visi dan misi. Selain itu perlu ada upaya berupa strategi agar berbagai pihak ini mau bermitra dengan Anda. Ajukan rencana bisnis yang baik, pengelolaan keuangan yang rapi, kinerja yang optimal, serta bantuan ataupun layanan yang maksimal.

Hubungan baik ini akan menumbuhkan nilai bisnis Anda dan meningkatkan budaya yang saling melengkapi. Semakin tinggi nilai Anda dan semakin banyak kontribusi yang bisa diberikan, maka akan semakin banyak pula yang akan mengandalkan dan membuat bisnis Anda sebagai pilihan .


5. Melakukan Terobosan

Rencana di awal hanyalah penuangan sebuah dugaan, dan Anda tidak akan tahu apakah dugaan itu akan benar terjadi atau justru berubah. Di dalam berbisnis Anda harus beradaptasi dengan teknologi baru, strategi pemasaran yang baru, anggota tim yang baru serta keinginan konsumen yang juga terus berubah.

Tetapkan pertemuan rutin dengan tim untuk meninjau kemajuan rencana Anda. Identifikasi setiap masalah dan capaian yang telah dan akan terjadi. Belajarlah dari masalah dan capaian tersebut. Lakukan inovai secara terus menerus sehingga Anda mampu mengembangkan rencana penjualan Anda sesuai kebutuhan.


Dengan menggunakan Moro App kita dapat merencanakan target sesuai dengan target yang kita ingin capai per produk maupun per channel sehingga step yang harus dilakukan untuk mencapai target lebih jelas.


10 views0 comments